Langsung ke konten utama

Smartphone or Smart People?

Sekarang kamu pegang smartphone apa? Blackberry? iPhone? Android phone?
Sejauh pengamatan saya, hampir semua temen2 seangkatan pasti dah pegang smartphone masing2. Selain karena kami dah mampu beli (pake uang sendiri,Alhamdulillaaaaah..), juga karena ngebantu banget buat urusan komunikasi.
"eh katanya si anu mau nikah sama si itu ya?"
"hah masaaa??"
"iya,barusan status bbm (ato chatgrup BBM ato tweet ato grupchat YM ato invitation event FB dsb)-nya gitu"
Puncak heboh2nya punya smartphone itu ya pas uang rapelan turun.
Lucu deh kalo nginget2. Kelompok magang saya mendadak jadi sering main ke Roxy pulang kantor.
Voilaaaa. Besoknya tuiter clientnya dah pada ganti aja gitu.. Hahahaha..
Malahan di kelompok magang saya dulu yang berjumlah 17 orang sempet ada persaingan antar gadget : Blackberry vs Android. Konyol dan gak penting emang. Tapi seru.
Saya gak beli langsung pas uang rapel turun. Selain karena belum butuh, juga karena mainstream banget ya langsung beli pas awal2 pegang uang.. Plus belum ada gadget yang menarik aja sih. Dan saya dah ngincer penggilesannya Apple waktu itu... Hihihiii..
Kemudian penempatan. Kami terpisah jauh (lebay). Waktu itu saya dah pegang Blackberry.
Kok Blackberry?
Iya, karena lingkaran dekat pertemanan saya pegang blackberry semua.
Shame on you, R*M!!
Alesan yang sangat gak mutu buat jadi pertimbangan beli gadget.



Awal penempatan, smartphone sangat ngebantu banget. BBM-an, Whatsapp-an, YM-an, Gtalk-an, segala macem aplikasi gitu. Pamer2 poto kantor, poto pemandangan,poto2 kerjaan, poto2 makanan daerah setempat, dsb. Iya, kami lagi norak2nya emang.

Tapi, something good is never last long. Ada saat dimana saya mulai mikir, kok ya hidup saya jadi ribet gini gara2 smartphone. This smartphone is smart, but sometimes we are not smart enough to handle this.. Gimana gak ribet, mulai sering stress gara2 sinyal yang gak support, lupa isi pulsa jadi perkara yang serius, salah ambil paket (ini sih bego2nya saya kali ya), penyakit hati (iri, dengki, riya, suudzon dsb).
Dibandingkan dengan sebelum jamannya smartphone dan segala fasilitasnya ada, hidup terasa lebih complicated sekarang. Okelah, kita jadi tau segala hal bahkan sama personal orang yang kadang kita gak kenal tapi malah ikut2an bikin kita pusing. The more you careless, the happier you will be. :D
Entah kenapa sekarang jaringan lagi sering bermasalah. Blessing in disguise mungkin ya. Gak ada BBM yang mesti saya bales. Gak peduli twitter lagi ribut apa. Berita? Ah ada aplikasi di tablet saya yang real time update kok. CNN, Bloomberg, Tempo.
Jadi, sekarang saya terpikir buat memutus langganan BB.

Pertanyaannya saat ini? Mampu gak saya memutus "kontak" dengan dunia luar. Bukan memutus silaturahmi, karena saya yakin BBM/ Ubersocial itu bukan satu2nya jalan untuk bersilaturahmi.
Ego saya bilang, "Setiap orang yang ada kepentingan dengan saya pasti akan mencari cara bagaimana menghubungi saya." Toh, nomor hape saya gak berubah dari jaman kuliah kok.Plus ada iMessage, email, twitter yang masih aktif.
Sampe sekarang masih perang batin dan pikiran sebenarnya. Sometimes, i do care to mind other business. But, sometimes, I'm tired of being like that. *sigh*

Komentar

  1. hmm...artikel bagus. Akan aku bedah satu"

    "Selain karena kami dah mampu beli (pake uang sendiri,Alhamdulillaaaaah..), juga karena ngebantu banget buat urusan komunikasi."
    well, pas dapet rapel dulu aku nungguin pameran di JCC dulu. Pas hari pertama aku langsung ke sana ujan", akhirnya dapet hape yang sekarang korting sejuta. Hahahaha. Lumayan ada yang bisa dibanting" pas seteres

    "Kok Blackberry?
    Iya, karena lingkaran dekat pertemanan saya pegang blackberry semua.
    Shame you, R*M!!
    Alesan yang sangat gak mutu buat jadi pertimbangan beli gadget."
    wew. Aku speechless lah baca ini. Lingkaran pertemanan temen" esema juga pada pegang BB riz. Tapi entah kenapa aku masih keukeuh masih pegang yang sekarang. Simpel aja sih. BB gak bisa dibanting". Hehehe

    "This smartphone is smart enough, but sometimes we are not smart enough to handle this.. Gimana gak ribet, mulai sering stress gara2 sinyal yang gak support, lupa isi pulsa jadi perkara yang serius, salah ambil paket (ini sih bego2nya saya kali ya), penyakit hati (iri, dengki, riya, suudzon dsb)."
    bener banget tuh. Aku sering banget dulu kena masa" keranjingan twitter sampe" kalo gak ngecek temlen itu rasanya gimanaaaa gitu. Tapi sejak aku membaca hadits bahwa tidak beriman seseorang jika ia ikut campur urusan seseorang yang manaaaa ngejleb banget bagiku karena aku suka asal aja buka profil orang trus ngemensyen tentang twit dia. Wew. Akibatnya ya itu, hasad, riya'. ...eeniweii, aku kadang heran ada beberapa kawan di twitter yang sering banget pamer ini pamer iru (eh, 4square itu pamer gak sih? Aku keranjingan check in ini sekarang) yang akibatnya jadi gondok sendiri tanpa dia sadari. Wew (lagi). Sampai komen ini ditulis, aku hanya ngecek interaction doang di twitter. Hehehe. Kalo ngecek temlen paling ngecek temlennya @Lazioindonesia (teteup) atau kalo ngetwit ya ngetwit tentang ilmu. Hehehe

    "Dibandingkan dengan sebelum jamannya smartphone dan segala fasilitasnya ada, hidup terasa lebih complicated sekarang. Okelah, kita jadi tau segala hal bahkan sama personal orang yang kadang kita gak kenal tapi malah ikut2an bikin kita pusing. The more you careless, the happier you will be"
    ini juga bener banget. Ada suatu masa pas aku 3 sma di mana 2 bulan aku gak pegang hape. Hape aku tinggal di rumah. Ke mana" kantong kanan jadi gak ada isinya. Gini ini ibuku yang jadi kelabakana. Hihihi. Tapi it's worth it. Rasanya buebasssssssssssss buanget.

    yah ini dulu deh nanti kalo ada ilham dilanjut lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangap ya ded baca komenmu..
      KENAPA GAK DIBIKIN POSTINGAN AJA SIIIIKKK..
      Oke kalem.

      Iya juga sih, aku kan ke pameran JCC waktu itu, eeh ketemunya sama anak2 perbend. Pada nenteng belanjaan lagi... ckckc.
      Begini ded, waktu itu ak ada semacem perasaan terisolir gara2 gak punya BB, semacem sering banget ketinggalan info. Jadi ya ni gadget belinya karena ngincer BBMnya doang.. hehe

      Samaaa.. ngeganggu banget tuh pas masa2nya keranjingan tuiter. Sekarang malah lagi males2an buka tuiter. Paling isinya apa si? Update-an 4square ato instagram. *eh*
      Mungkin saatnya nyari sesuatu yang baru buat difollow juga kali ya. Tapi masih males juga. ckckck.
      Menurutku sih 4square lebih ke lucu2an aja sih. Malah kalo ak gak pewe. Kalo ada yang lagi pengen nyulik gimana? Ketauan banget kan lagi di mana. *oke mulai delusional*

      Yepp, bisa banget jadi alesan buat ngumpet. Alesannya gak pegang bb ato bb-nya gak aktif. Hihihi..

      *malah jadi postingan dalam postingan*

      Hapus
    2. lhoo aku juga pertamakalinya ya takut kek gitu. Kalo aku sih triknya gini setelah mampir ke suatu tempat A misalnya, tus pindah ke tempat B. Baru di tempat B, aku check in di tempat A. Jadi jangan kaget kalo misalnya sudah malem banget trus tiba" aku check in di warung (walau kemungkinannya besar juga sih karena aku sering banget freak out kelaperan malam". Nasib gak punya kompor dan peralatan dapur kakakkk) Hahahaha

      Hapus
  2. ok. udah ada ilham lanjut lagi

    "Gimana gak ribet, mulai sering stress gara2 sinyal yang gak support, lupa isi pulsa jadi perkara yang serius, salah ambil paket (ini sih bego2nya saya kali ya), penyakit hati (iri, dengki, riya, suudzon dsb)."
    di sini sinyalnya ganti" kalo gak 3G ya H, kalo ujan aja palingan jadi E. Lupa isi pulsa? Bukannya ada sms pemberitahuan ya?

    "Pertanyaannya saat ini? Mampu gak saya memutus "kontak" dengan dunia luar. Bukan memutus silaturahmi, karena saya yakin BBM/ Ubersocial itu bukan satu2nya jalan untuk bersilaturahmi.
    Ego saya bilang, "Setiap orang yang ada kepentingan dengan saya pasti akan mencari cara bagaimana menghubungi saya." Toh, nomor hape saya gak berubah dari jaman kuliah kok.Plus ada iMessage, email, twitter yang masih aktif.
    Sampe sekarang masih perang batin dan pikiran sebenarnya. Sometimes, i do care to mind other business. But, sometimes, I'm tired of being like that. *sigh* "
    selama ini kan aku lebih sering sms kamu riz daripada mensyen

    BalasHapus
    Balasan
    1. *jari2 masih keriting*
      Err ak punya kecenderungan buat nyuekin segala macem sms yang pengirimnya bukan dari yang ada di kontak.. Jadi ya gitu..

      Yepp.. sekarang ak juga lebih suka di sms ketimbang mensyen/bbm/wasap.
      Selain karena sinyal yang nohope karena lebih asik aja (mungkin faktor hape FLIP itu juga kali ya, hahahaha)

      Hapus
  3. Interesting post, Rizky",

    Mungkin aku belum bisa berempati sepenuhnya, karena belum tau gimna rasanya punya smartphone seperti yang disebut diatas. Hehehe... Aku emang kelewat "attached" sama barang, jadi kalo belum bener2 babak belur atau hilang ga aku ganti2 walaupun resikonya aku jadi agak ketinggalan jaman dan rada gaptek.

    However, aku bisa merasakan efek2 lain, quote: "mulai sering stress gara2 sinyal yang gak support, lupa isi pulsa jadi perkara yang serius, salah ambil paket (ini sih bego2nya saya kali ya), penyakit hati (iri, dengki, riya, suudzon dsb). kita jadi tau segala hal bahkan sama personal orang yang kadang kita gak kenal tapi malah ikut2an bikin kita pusing." Ga perlu punya Smartphone untuk merasakan itu. Dengan modal online 24/7 lewat laptop dgn browser yang diramaikan FB, twitter, dll. I know how you feel.

    Karena itu aku lebih jarang membaca status2 di newsfeed fb, atau mengikuti pembicaran2 di tweetdeck. Kadang aku g bisa menahan godaan2 yang menyebabkan penyakit2 hati itu. Sometimes it is annoying as hell to wish that you were having as much as good luck as others. Also, sometimes you can't help help telling others what you are doing (badly enough, ssometimes it isnt to share but we are secretly and unconsciously showing off). Kalau ingin tau kabar teman, aku buka profilnya dan liat2 statusnya. Setelah itu, biasanya aku sms/telpon atau message kalau memang kelihatan sangat penting dan mendesak.

    Anyway, aku harap kita semua bisa lebih smart dalam memanfaatkan teknologi2 baru, bukan hanya smartphone. Jangan sampai terjebak karena efek negatifnya.

    Thanks for posting this, Ky! It gives me a lot to introspect. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yepp..
      kadangan lebih enak mbalik ke jaman purba pas hape cuma bisa buat sms/telpon doang.. >> ini kesimpulan pas lg jengah2nya sama socmed.

      But, i do believe that those gadget/socmed/whatsoever are way toooo useful at first place. Nothing to blame but the user itself...

      Don't be too attached to something nay or you feel a lot brokenhearted when you lost it.. hahaha

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Absurdity as Its Finest

Source : Islamic Thinking (dipost di path saya juga) Akhir-akhir ini saya sedang mellow. You know, when everything seems pretty hard yet you don't have anyone to rely on. *dari kalimatnya aja dah melow2 gini*. Pernah sih pada suatu ketika saya mikir berat juga ya. Meanwhile saya bukanlah tipe yang curhat mengenai masalah-masalah. I will tell the world in most cryptic way yet i need to be understood. So stupid right? *Giiiiiiiirrlll*. Ketika saya mikir kok gini amat ya saya. Trus saya mikir lagi, that is just the way i am, i just need to compromise a little. Gitu aja terus sampe Messi pindah ke Madrid (amit-amit, ketok meja kayu 3x). Tulisan ini saya bikin untuk pengingat saya di masa depan. It’s okay to feel pathetic so this moment needs to be archived for future purpose. Yep, this is one of those moments. When you feel like you are on the lowest point (yet?). Still, no need to be worry. You can't go any lower, right? I perfectly aware that someday in the future i

Disclaimer #2

Saya suka ketika hari hujan, saya sedang di balik selimut Mendengarkan musik bagus, membaca buku Menyeduh cappuccino instant Atau menonton serial favorit, dorama Ketika hari hujan, saya pun suka bermain2 di luar Berteduh dr satu tempat ke tempat lain Melihat banyak hal dan pulang dengan membawa penat luar biasa Tapi yang paling saya suka dari hujan Adalah karena hujan selalu membuat saya teringat Bagaimana kamu peduli, apakah saya kena flu atau tidak Dulu.

Know Yourself Better!

Do you think you know yourself? Inside out? Don't be so sure.. *smirk For a moment I think I have known myself but it keep surprising me nowadays. I merely thought it is the real me?? I'm kolerist-sanguinist  which more dominant in kolerist. And i'm proud being that. Hahaha Please note, don't ever make kolerist one being mad. You will have no idea what you should do to make it up. They might act cool as if nothing happen but deep down inside you know there is something wrong about it and you don't know how to bring up the case without any burden. HAH! or if you still keep insisting by asking,"What's wrong with you? Are you mad? You never acted strange like this before!" esp in high tone, just wait, in no time kolerist will lose their temper in most sarcasm way. They will also explain your blunder step by step technically, logically and cynically.. But they will always forgive you. So, what're you gonna do? :D